Review Bus Super Double Decker PO Efisiensi Kebumen

Bus Super Double Decker PO Efisiensi – Bus double decker adalah perihal baru di Indonesia. Sekarang ini PO Efisiensi jadi salah satunya yang memakai armada bus berlantai dua ini. Seperti apakah isi di dalamnya? Di lintas Pulau Jawa, sekarang ini terdaftar ada dua perusahaan otobus (PO) yang menjalankan bus tingkat alias double decker (DD) atau biasa dimaksud ikut super double decker (SDD).

Bus Super Double Decker PO Efisiensi

Armada Bus Super Double Decker PO Efisiensi

Armada Bus Super Double Decker PO Efisiensi

Diantaranya ialah PO Efisiensi sekitar satu unit dengan armada Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 di trayek pendek Yogyakarta-Purwokerto/Cilacap, serta PO Putera Mulya dengan armada bermesin Scania K410 sekitar dua unit di trayek Jakarta-Solo-Wonogiri. Ke-2 PO bus ini menjalankan bus SDD dengan karoseri sama, Adi Putro, Malang. Seperti apakah kemewahan bus-bus ini? Baik, kita bedah dahulu armada SDD PO Efisiensi. Bus ini dibeli oleh PO Efisiensi dari Karoseri Adi Putro, langsung waktu bus ini untuk awal kalinya dipertunjukkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di ICE BSD City 2015 kemarin. Bus SDD dengan design memiliki konsep Setra 500 Top Class ini sekaligus juga jadi proyek bus SDD awal dari karoseri terkenal Adi Putro.

Menjadi dapur picunya, Adi Putro memakai Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dengan mesin type OM457LA 11.967 cc dengan turbo intercooler yang dapat membuahkan tenaga maximum 310 kW (420 horse power) pada 2.000 rpm dengan torsi puncak 1.900 Nm pada 1.100 rpm. Feature keamanannya diantaranya rem disc brake, Electronic Stability Program (ESP) yang membuat anti-selip di jalan, plus skema pengereman anti-lock Braking Sistem (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBS) yang diperlengkapi juga dengan Retarderi. Karoseri Adi Putro membuat kabin bus SDD ini dengan kompartemen penumpang di ke-2 lantai kabinnya.

Lantai bawah didesain menjadi kelas bus super eksekutif komplet dengan feature personal TV/Video di semasing kursi penumpang seperti kursi kelas eksekutif di penerbangan lintas benua. Supaya eksklusif, jumlahnya kursinya yang mode Captain’s Seat juga dibatasi, cuma beberapa buah saja. Di dek bawah pada¬†Bus Super Double Decker PO Efisiensi Kebumen dibagian belakang diletakkan bed empuk sekitar tiga buah yang dapat menyimpan tiga penumpang sekaligus juga yang ingin rebahan saat di perjalanan. Pada dinding samping ada kaca untuk memberi visibilitas lega mengarah luar kabin, komplet dengan curtain. Untuk naik ke bed ini, ada tangga kecil dibagian tengah.

Lantai atas jumlahnya kursinya semakin banyak serta didesain dengan dua bangku di semasing baris kiri serta kanan yang dipisahkan oleh lorong. Semasing kursi didesain begitu ergonimis dengan punggung penumpang, hingga tidak membuat pegal waktu di perjalanan. Menghubungkan lantai bawah serta dek lantai atas diletakkan satu anak tangga dengan design 1/2 melingkar. Untuk menampung barang bawaan penumpang, di langit-langit diletakkan bagasi komplet dengan penutupnya hingga kabin berkesan eksklusif ala pesawat terbang. Di semasing kursi di dek atas ini pula tersemat personal audio video on permintaan.

Sebelum dioperasikan menjadi bus reguler, PO Efisiensi sudah sempat menjalankan bus eksklusif ini menjadi armada bus charter. Keseluruhan, bus ini dapat membawa 52 penumpang. Sayangnya, bus ini tidak diperlengkapi dengan toilet untuk kepentingan buang air kecil. Itulah informasi yang dapat saya infokan kepada kalian, semoga saja bisa berguna.

Leave a Reply